Senin, 28 Mei 2012

Rahasia Gendruwo

Penulis Zamroni Allief Billah | Senin, 28 Mei 2012 | 14.20.00 |


Ada asap pastilah ada api, demikian pepatah lama telah katakan. Begitu pula setiap kejadian pasti ada muara asal yang menghubungkan pada titik awal. Mula setiap kejadian dan awal setiap keadaan yang ada di dunia.

Seperti hadir lahirnya seorang anak manusia yang berawal dari setetes air, begitu pula kehadiran seluruh makhluk lain bermula. Tuhan menciptakan seluruh makhluknya dengan proses yang sangat bisa diterima nalar manusia. Lalu terhamparlah ilmu pengetahuan mengenai kekuasaan ciptaNya.

Mbah Pranoto, salah seorang sesepuh Rembang mengatakan Gendruwo berawal dari 'koma' atau sperma manusia yang tercecer di dunia.

"Bisa berasal dari keluarnya sperma saat mimpi basah atau sejenisnya. Ini mungkin tidak bisa diterima nalar akan tetapi saya menerimanya demikian dari dawuh leluhur saya dahulu," katanya.

Oleh karenanya sebutan untuk Gendruwo adalah 'Koma Wurung' atau sperma tersia. Yang belum sampai pada titik kasampurnan dalam ritual penyatuan antara seorang lelaki dan perempuan dalam menunaikan kewajiban. Sebab berawal dan berasal dari sana maka sebutan itu menjadi nama lain bagi Gendruwo.

Berbeda dengan Gendruwo yang bermula dari titik yang tidak berawal dari ritual maka manusia disebut 'Koma Dadi' atau sperma yang jadi. Hingga berwujud bentuk sebagai seorang manusia sebagaimana adanya.

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman