Jumat, 03 Februari 2012

Permainan Tradisional-Joretan

Penulis Zamroni Allief Billah | Jumat, 03 Februari 2012 | 09.59.00 | Location:Bitingan, Sale, Indonesia
Permainan Tradisional-Joretan

Berlarian dalam petak yang telah dibagi menjadi dua. Ukuran petak  bergantung banyaknya pemain. Minimal berukuran 3x4 meter. Dibagi dua persis di tengah menjadi 1.5 kali dua meter per petak.

Jumlah pemain tidak ditentukan. Minimal pemain tiga orang. Yang kalah berjaga dan berlarian berusaha mengejar dan memegang peserta yang menang yang berada di tengah petak. Namun si penajaga hanya boleh melalui lintasan pinggir dan tengah. Hanya melintasi garis yang tadi telah ditentukan.

Akan tetap berlarian dan menjadi penjaga sebelum mampu memegang salah satu pemain yang berada dalam petak. Apabila telah mampu mengenai anggota tubuh dari pemain yang di dalam petak barulah dia berhenti dari penjaga. Bergantian dengan mereka yang telah tersentuh oleh penjaga.

Kini dialah yang bergantian menjadi penjaga dan mengejar pemain yang berada dalam petak. Hingga penjaga kedua itu mampu mengenai salah satu pemain yang i dalam, diapun akan tetap menjadi penjaga.

Sebuah permainan yang sarat gerak tubuh. Olahraga dan olah rasa. Sebuah kebersamaan anak-anak di masa lalu dengan keceriaan dalam setiap geraknya.

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman