Jumat, 03 Februari 2012

Misteri Rembang-Misteri Pocong Jumat Wage

Penulis Zamroni Allief Billah | Jumat, 03 Februari 2012 | 09.52.00 | Location:Bitingan, Sale, Indonesia
Misteri Rembang-Hari berikutnya gempar bahwa kuburan Lastri 'jeblong'. Masyarakat mulai berasumsi beraneka ragam. Yang pada mulanya takut ada yang semakin takut namun sebagian lain mul;ai timbul tanda tanya.

Joko, pada malam keempat setelah kematian Lastri kembali menampakkan diri. Berada di tengah warga yang berani keluar rumah. Mereka muncul keraguan. Apakah fenomena bolongnya kuburan Lastri adalah berklaitan dengan kemunculan pocong Lastri yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Ataukah ada yang sengaja membobol kuburan Lastri untuk kepentingan pribadinya?

"Menurut yang saya ketahui, bahwa bila ada kuburan jeblong maka si mayit sedang pergi mengembara untuk mencari tumbal," kata Joko  pada kerumunan orang. Sebagian mereka ada yang diam dan memikirkan yang dikatakan Joko.

"Masak iya, orang yang sudah meninggal bisa hidup lagi. Bahkan berita kemunculan pocong Lastri kemarin yang mengguncang warga sini kebenarannya sangat diragukan. Siapa yang melihat juga tidak ketahuan namanya. Hanya tiba-tiba begitu cepat tersebar bahwa Lastri bangkit lagi menjadi pocong dan menmghantui warga sini," ucap Kang kardi meragukan berita yang tersebar.

"Gini saja, mulai malam nanti kita adakan ronda," ucap lainnya
"Atau kalau masih takut, kita gilir per Rt saja," timpal lainnya.

Setelah malam tersebut, semua sepakat untuk mengadakan ronda malam. Ternyata mereka semua tidak mendapati apapun soal pocong dan yang lainnya. Hanya gempar di desa sebelah bahwa salah satu penduduknya kehilangan sapi.

Menurut pengakuan pemilik sapi, bahwa dia mendengar suara berisik di Kandang namun setelah dilihat di kandang tidak ada apapun yang mencurigakan. Baru pagi harinya dia menyadari bahwa sapinya telah raib satu.

Menurut penuturan warga yang berkembang di sana bahwa pencuri tersebut memiliki kemampuan bisa menghilang. Dari keterangan tersebut akhirnya warga sepakat untuk mencari solusi ke orang pintar.

"Ini masih bulan Suro. Apakah tetanggamu ada yang meninggal pada Jumat wage atau Jumat Legi?" tanya orang sepuh tersebut. Mereka semua menggeleng. Lalu salah satu diantara merka ada yang ingat tentang kematian Lastri warga kampung sebelah.

"Bila benar lastri mati pada malam jumat Wage dan  ternyata kuburannya jeblong, bisa dipastikan dialah pencurinya!" ucap Mbah dukun bersemangat.

Maksudnya lastri menjadi pocong dan mencuri sapi Mbah?, tanya yang lainnya tak mengerti maksud mbah dukun.

"Bukan begitu, akan tetapi apabila ada orang meninggal di bulan Suro pada jumat wage atau jumat legi, maka salah satu dari lawon (mori) atau tali pocongnya bisa digunakan untuk menjadi media kesaktian. Mereka yang memilikinya akan memiliki kemampuan bisa menghilang," terang Mbah dukun.

Diam-diam salah satu diantara mereka pergi ke kampung sebelah untuk melakukan penyelidikan. Saat melintas rumah Joko, warga tersebut matanya tertuju pada kain putih yang sedang dijemur. Lalu lelaki itu mendekati jemuran tersebut dan menanyakannya pada Joko.

"Itu kain kafan," Joko pura-pura berkelakar untuk menutupikebohongannya. Dia mengatakan yang sebenarnyaagar dianggap berbohong oleh orang dari luar desa tersebut.

"Berarti kau Pelakunya!" hardik lelaki itu pada Joko. Wajah Joko merah padam tak bisa menyembunyikan rasa malu dan kegalauan hatinya. Tanpa berfikir panjang lelaki itu lalu menarik kain tersebut dan membawanya ke kelurahan.

Setelah mendapatkan penjelasan dari lelaki dari luar desa itu, Lurah akhirnya faham duduk persoalannya. Dan mengerti kenapa Joko akhir-akhir ini gencar menyebar isu tentang kebangkitan Lastri. Ternyata dia punya maksud di balik terornya tersebut.

Akhirnya Joko diarak keliling desa sebelum akhirnya diserahkan kepada yang berwajib. Namun Joko tidak gentar. Dia tahu bahwa warga hanya fokus pada kain kafan yang ceroboh dia beber di samping rumah setelah dicucinya. Mereka semua tidak ada yang tahu kalau Joko masih menyimpan tali pocong Lastri.

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman