Minggu, 11 Maret 2012

Fenomena Hujan

Penulis Zamroni Allief Billah | Minggu, 11 Maret 2012 | 12.55.00 | Location:Sale, Indonesia

Tentang Hujan dan Fenomenanya

Kehadiran hujan sangatlah dinanti terlebih bagi petani tadah hujan. Penanaman padi tak akan dilakukan sebelum turun hujan pertama. Namun hujan juga terkadang diartikan berbeda oleh masyarakat. Mereka memiliki kepercayaan tentang air yang datang dari langit tersebut.

Seperti ketika turun hujan pada saat matahari sedang bersinar. Hal demikian sebagian masyarakat mempercayai bahwa saat itu ada wewe sedang melahirkan. maka alam, menurut keyakinan mereka, sedang memberi isyarat akan adanya kejadian tersebut.

Wewe, adalah jenis hantu perempuan yang suka anak-anak kecil. Mereka terkadang menculiknya karena ingin menimang anak-anak. Bagi sebagian yang lain memang Wewe diyakini sebagai hantu yang tidak memiliki anak. Justru dia adalah arwah penasaran yang mati saat melahirkan.

Terlepas dari kepercayaan tersebut, bahwa sebagian yang lain menisbikan siapa wewe tersebut. Seperti diceritakan Priyanto. Lelaki berumur asli Sale ini mengenang masa kanak-kanaknya dahulu. Ketika sedang menggembalakan sapi di hutan, bila turun hujan saat matahari sedang bersinar maka mereka segera berkumpul di satu tempat.

Hal itu, kata Priyanto, dimaksudkan agar mereka tidak diculik oleh makhluk ghaib agar membantu proses kelahiran anak wewe. Entah kebenarannya akan tetapi mereka tidak berani membantah cerita yang sudah turun temurun itu.

Namun ternyata fenomena hujan turun ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Dalam sebuah film korea, diceritakan ada seorang gadis cantik yang sebenarnya dia adalah wujud dari hantu berekor panjang yang disebut Go Miho. Perempuan ini bila sedang dikecewakan maka akan menangis. Tangisan perempuan inilah yang mengakibatkan turunnya hujan meski di siang terik.

Apabila sang gadis telah reda dari tangisnya maka saat itu juga hujan akan reda. Entah kebenarannya namun masing-masing versi memiliki kisah yang hampir sama. Sesosok hantu perempuan yang sedang mengalami kesulitan. Yang satu diyakini sedang melahirkan sedang gadis lainnya dipercaya sedang menangis karena kecewa.

Selain fenomena tersebut, hujan masih mengisahkan misteri. Rahasia alam yang sulit diterima nalar manusia. Akan tetapi hujan selalu ditunggu oleh siapa saja. Walaupun kalau terlalu berlebihan juga sangat ditakuti. Namun hujan tetap menyisakan kisah bagi manusia.

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman