Kamis, 26 April 2012

​Sate Gagak, Bikin Kaya Mendadak

Penulis Zamroni Allief Billah | Kamis, 26 April 2012 | 2:50 PM | Location:Sale, Indonesia
Pohon besar di ujung desa Tengger Kecamatan Sale bergerak ditiup angin malam. Purnama yang terang bersinar, sempurna menyinari pohon yang telah berumur ratusan tahun itu. Membiaskan bayang menyerupai sosok raksasa yang sedang menjaga keamanan desa.

Malam semakin dingin membuat desa di pinggiran hutan itu semakin lelap bersama mimpi penduduknya. Sehingga tak ada yang menyadari bahwa purnama malam itu ada yangsedang menggelar ritual di bawah pohon besar di ujung desa.

Lewat tengah malam Kasan mulai berjalan kelilingi pohon besar itu dengan membawa sebuah nampan di tangan. Tampak masih hangat beberapa tusuk sate gagak sebagai salah satu sarana ritual pemuda itu. Sebelumnya telah dibacakan doa-doa sebagaimana yang telah dia terima dari guru besarnya.

Lalu perlahan dia berjalan dan menjajakan sate yang dia bawa. "Sate sate sate... Sate gagak mangga sing kersa. Silakan satenya, sate gagak," ucap Kasan berulang ulang sambil berjalan perlahan di bawah pohon besar itu. Bayangan pohon besar itu menenggelamkan pemuda itu dalam pekatnya. Hingga dari jauh tidak kelihatan bahwa di sana sedang ada seorang yang sedang melakukan ritual.

Belum sampai satu putaran mengelilingi pohon besar itu, tiba-tiba angin berubah kencang sekali. Di luar wilayah itu tak ada suara angin berhembus. Namun di tempat dia melakukan ritual seperti datang angin puting beliung yang hendak menerbangkannya entah kemana. Hati pemuda ini mulai ciut muncul ketakutan kalau dia akan dibawa terbang ke suatu tempat dan tidak dikembalikan lagi.

Mulanya dia berusaha meneguhkan niat untuk melakukan transaksi dengan makhluk ghaib. Karena menurut informasi yang dia teriam dari guru besarnya bahwa cara tersebut manjur untuk mendatangkan mahkluk ghaib. Setelah itu berapapun yang dia minta pasti makhluk ghaib itu akan memberinya.

Syaratnya adalah membawa contoh semisal uang lembaran seratus ribu rupiah. Maka ketika transaksi dengan makhluk tersebut berjalan si pelaku ritual tinggal menyodorkan lembaran uang tersebut kepada makhluk ghaib itu. Tinggal bilang minta sekarung barang yang sama persis sebagaimana yang dia bawa.

Maka bila transaksi berjalan sebagaimana yang diceritakan oleh guru besarnya, sate gagak menjadi milik makhluk ghaib yang datang sedang sebagai gantinya tergantung permintaan pelaku spiritual. Ritual jualan sate gagak ini sangat populer di kalangan para pemburu kekayaan. Namun jarang sekali yang lulus dan mendapatkan kekayaan tersebut.

Angin semakin kencang bertriup melemahkan semangat Kasan dalam menjalankan ritual. Nyalinya semakin ciut dan tidak berani lagi meneruskan berjualan. Duania dia rasakan semakin gelap dan dia hampir tidak bisa menyaksikan apapun kecuali kegelapan.

Sejurus kemudian ini berlari menuju perkampungan. Sate gagak masih utuh dalam genggaman. Angin besar itu telah mengalahkan niatnya dalam rangka melakukan transaksi bersama makhluk ghaib. Kasan menyesal telah gagal. Apalagi setelah mendapat penjelasan bahwa sebelum kedatangan makhluk ghaib pembeli dari gagak adalah munculnya angin besar. Setelah itu dia akan datang dan siap melakukan transaksi. Kekayaan bisa didapatkan dengan perjuangan dan kesungguhan. Sesuatu yang instan biasanya akan cepat musnah tanpa keberkahan. Wallahu a'lam.

ilustrasi: deviantart

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman