Kamis, 23 Mei 2013

Ritual Unik Sedekah Bumi Sekaran

Penulis Zamroni Allief Billah | Kamis, 23 Mei 2013 | 10.41.00 | Location:Sekaran, Jatirogo, Tuban, East Java, Indonesia
Makam Desa Sekaran Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban, Kamis (23/5) pagi dipenuhi ribuan manusia yang datang dari dalam dan luar daerah setempat. Antusiasme pengunjung disebabkan adanya tradisi unik ketika Sedekah Bumi di tanah kuburan desa setempat.

Sebelum ratusan ambeng yang dibawa ke tanah pekuburan itu didoakan maka anak-anak dan remaja berkumpul di tanah lapang dekat Makam Mbah Buyut, punden Desa Sekaran.

Puluhan anak-anak itu menanti uang logam yang disebar oleh warga lainnya. Mereka yang telah terkabul hajatnya, maka saat sedekah bumi akan menebarkan sejumlah uang logam yang akan diperebutkan oleh anak-anak yang telah mengantre di tanah lapang dekat Mbah Buyut.

Tradisi ini telah berlangsung puluhan bahkan ratusan tahun lalu. Karena menjadi acara yang begitu dinantikan maka warga setempat yang bekerja di luar kota pun menyempatkan diri untuk pulang.

Dan yang lebih unik adalah malam hari H. Malam melekan sebelum kegiatan dilaksanakan di kuburan, hampir seluruh warga berjudi di kuburan desa setempat. Tak ada yang melarang dan telah menjadi tradisi entah sejak kapan.

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman