Kamis, 08 Desember 2011

Permainan Tradisional 'GIMERAN'

Penulis Zamroni Allief Billah | Kamis, 08 Desember 2011 | 11.15.00 |
Gimeran

Memanfaatkan sesuatu yang disediakan oleh alam. Sederhana dan memiliki makna demikianlah adanya seluruh permainan tradisional.

Begitu juga gimeran sebuah permainan adu tangkas dengan memanfaatkan bahan dari buah jarak jitun (jarak pagar) dan terkadang memanfaatkan buah kemiri.

ditusuk menyerupai sate dengan panjang gagang yang berbeda. Untuk pegangan yang berfungsi sebagai pemutar permainan agak panjang. Sedang yang bawah yang berfungsi sebagai pijakan atau tatakan hanya menonjol sedikit.

Cara memainkan gimeran dengan menjepit gagang yang panjang dengan mengatupkan kedua belah tangan. Seperti sedang bertepuk tangan. Lalu sekuat tenaga menggunakan kedua telapak tangan tersebut untuk memutar gimeran di atas tanah atau meja.

Beradu ketangkasan dengan lawan dalam permainan. Sebuah permainan sederhana yang menawarkan kebersamaan. Yang paling lama bertahan dialah sebagai pemenang. Atau ketika beradu dengan membenturkan kedua gimeran yang sedang berputar. Maka siapa yang jatuh dialah yang kalah.

Sebagai hukuman yang kalah menggendong yang menang. Sebuah bentuk persahabatan yang juga membentuk kekuatan fisik secara alamiah. Tentunya memberikan efek segar dan penuh canda tawa khas anak-anak.

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman