Senin, 01 Oktober 2012

Keripik Wasir Daun Ungu

Penulis Zamroni Allief Billah | Senin, 01 Oktober 2012 | 12.25.00 | Location:Sale 59265, Indonesia
Obat Wasir
Daun Ungu, berkhasiat dan lezat

Daun Ungu yang memiliki nama latin Graptophylum pictum, memiliki banyak khasiat. Salah satu manfaat yang paling dikenal masyarakat adalah sebagai penghilang wasir.

Pakar kesehatan dan herbal  asal Tuban, Ali Ahmad Suwindy mengatakan selain sebagai penyembuh wasir, Godong Ungu memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

“Diantaranya menyembuhkan ambient,  melancarkan buang air seni, melancarkan siklus menstruasi, merngankan reumatik, encok dan nyeri sendi, menyembuhkan luka borok (luka yang sudah lama), mematangkan bisul, mengobati pembengkakan,”jelasnya

Ali menambahkan khasiat daun ungu sebagai antiwasir memang tidak diragukan lagi, ini karena daun ungu mempunyai sifat antiinflamasi. Zat yang dihasilkan Daun Ungu untuk menyembuhkan wasir.

Lelaki kelahiran 1977 ini menguraikan, bahwa kandungan kimia yang terdapat pada daun ungu antara lain Alkaloid, Pektin, Asam formiat, Glikosida, Steroid, Saponin, Tanin, Klorofil (zat hijau daun), Lendir. Sedangkan batang Godhong Ungu memiliki kandungan kalsium oksalat, asam formic dan lemak.

“Asyiknya lagi, Daun Ungu ini bisa kita olah untuk berbagai penganan. Jadi untuk mengkonsumsinya sebagai obat penderita tetap asyik menikmati Godong Ungu,” terangnya

Salah satunya, lanjut Ali Daun Ungu bisa diolah menjadi  keripik daun ungu. Dengan cara diambil beberapa lembar daun ungu kemudian bersihkan.  Setelah itu buat adonan tepung kanji dan tepung beras yang dicampur dengan telur dan bumbu yang sudah dihaluskan.

“Bumbu yang dihaluskan terdiri dari bawang putih, ketumbar dan kemiri. Setelah itu adonan dicampur dengan air, celupkan daun ungu yang sudah dibersihkan tadi. Lalu goreng dengan minyak goreng dengan api sedang agar tidak gosong,” katanya menjelaskan.

Kini, lanjut Ali keripik Daun Ungu yang lezat dan berkhasiat siap untuk dikonsumsi. Selain sebagai penyembuh, keripik Daun Ungu bisa dijadikan sebagai alternatif penganan yang menyehatkan.

“Tergantung kita dalam mengolah daun berkhasiat tersebut. Karena selain dibuat keripik, Daun Ungu juga enak dioseng-oseng. Bahkan ada beberapa yang telah mencoba mengolahnya menjadi pangsit,” pungkasnya.

2 komentar:

rufadi mengatakan...

itu apa sudah di jual di pasar bebas pak,....... trus klo bisa home industri mayan itu,........




setahu saya cuma makan buah pepaya klo mau lancar-car buang air besarnya

Zamroni Allief Billah mengatakan...

baru di sekedar -pengobatan saja

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman