Sabtu, 04 Februari 2012

Misteri Rembang-Buyut Surgi Sireng

Penulis Zamroni Allief Billah | Sabtu, 04 Februari 2012 | 12.13.00 | Location:Ngroto, Pancur, Indonesia
Misteri Rembang-Buyut Surgi Sireng

Dikelilingi lembah dan gunung-gunung kecil, membuat desa kecil ini seperti bocah dalam pelukan sang bunda. Semuanya masih alami tertata sebagaimana Tuhan telah menciptakannya. Bentangan pepohonan menyuguhkan kehangatan yang alami bagi siapa saja yang datang kesana.

Desa Ngroto masuk wilayah Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Banyak menyimpan misteri yang bahkan tidak dimengerti bahkan oleh penduduk setempat. Seperti salah satu kuburan yang ada di sana. Mbah Surgi Sireng, nama itu terukir di nisan yang terletak di belakang masjid desa itu

Edi, warga setempat mengaku sering melihat orang luar daerah berziarah di sana. Namun dia sendiri tidak pernah mengerti siapa sesungguhnya Mbah Buyut Surgi Sireng yang sering dikunjungi oleh orang luar daerah itu.

bahkan pernah suatu waktu, kata Edi ada seorang dari Banten yang datang kesana. Orang itu mengaku sebagai keturunan Buyut Surgi Sireng. "Katanya dia telah lama mencari leluhurnya di tanah jawa. Setelah melakukan penjelajahan dari satu daerah ke daerah lain ternyata leluhurnya bersemayam di sini," terangnya

Tak sedikit juga yang melakukan ritual yang tidak dimengerti oleh warga sekitar. Mulai dari yang sekedar napak tilas namun tak jarang mereka berniat ngalap pesugihan di sana. Penduduk tidak begitu mempedulikan tujuan mereka. Hanya memanfaatkan mereka yang datang dengan menjajakan berbagai macam jajanan.

"Hanya sedikit cerita yang pernah saya dengar, bahwa Buyut Surgi Sireng itu lebih tua dari Kanjeng Sunan Bonang. Tapi lebih detailnya kita sendiri sama sekali tak mengerti. Sebab para sesepuh dulu tidak pernah menceritakan siapa sesungguhnya beliau," kata Edi

Namun melihat banyak sekali yang datang kesana, mereka meyakini bahwa Buyut Surgi Sireng bukan orang sembarangan. Apalagi bila bulan suro, banyak pelaku spiritual yang hendak naik ke Gunung Argo. Mereka pasti menyempatkan untuk mampir ke makam buyut Surgi Sireng.

Entah sekedar mohon ijin untuk melintas atau mohon berkah doa restu. Tapi Buyut Surgi Sireng seperti pintu masuk bagi mereka yang hendak menyempurnakan ritual di puncak Argo.

Penduduk setempat yang tidak bisa mengerti hingga kini adalah keberadaan makam keramat tersebut. Lebih dikenal di luar daerah namun warga setempat seperti buta dengan keberadaan makam keramat tersebut.

Sebagai bentuk penghormatan penduduk setempat kepada Buyut Sireng yang misterius itu kini penduduk membangun makam tersebut. Agar lebih layak dan membuat para pendatang yang ingin berziarah ke makam ini menjadi lebih nyaman.

Tidak ada komentar:

 

Permainan Tradisional


Permainan Lainnya »

Kembang Boreh


Kembang Lainnya»

Laesan


Laesan Lagi»
..

Misteri

Dolanan

Tradisi

Gurit

Kembang ~ Mayang

Puisi

Cer ~ Kak

Laesan

Gambar Misteri

Artikel Disarankan Teman